Minggu, 16 Januari 2011

Pertanian :D

1 mata kuliah lagi dan semuanya selesaaaaaiiii hahaha *ketawa jahat* Maaf yah sindrom lagi ujian ditambah pms nih jadi raga ga jelas. Sebenarnya nulis entri ini juga ditengah sibuknya (sibuk ?) gw baca buku Pengantar Ilmu Pertanian. Well mungkin kalian bingung, jurusan gw kimia tapi gw belajar Ilmu-ilmu tani kayak gitu ga nyambung sama jurusan gw. Ehem itu karena gw kuliah di Institut Pertanian Bogor *bangga*.

Well bagi sebagian orang masih ada yang bertanya-tanya kenpa sih gw milih institut ini. Atau bahkan yang lebih parah ada sepupu gw yang nanya "Sekolah kok pertanian. Mau nyangkul ?"

Shit, gw ngedown saat itu. Siapa sih yang ga kesel kalo pilihan kita dipandang sebelah mata sama orang ? Mereka mungkin gatau karena mereka belum masuk ke lingkungan "pertanian" ini.

Gw mau tanya dulu, jaman sekarang siapa yang ga butuh makan ? Orang gila yang ga waras juga pasti butuh makan kan ? Nah dimana makanan itu berasal ? Ada yang asalnya dari hewani, ada juga yang nabati. Nah udah jelas kan, kita ga mungkin engga butuh pertanian dong kalo gitu.

Nah pertanian tuh bukan cuma ngomongin sawah, cangkul, arit, petani, dan tengkulak. Pertanian itu luaaaaass banget. Makanya jangan aneh kenapa sih di IPB ada jurusan ekonomi, ada sains komunikasi, dsb. Gw jelasin deh secara singkat aja yah soalnya kalo lengkap sama ja gw bikin copian buku Pak Andi Hakiem Nasution dong.

OK, why must we need economy in agriculture ? Loh hasil pertanian itu siapa yang masarin ? Trus siapa yang memikirkan cara mendapatkan keuntungan dari pertanian ? Anak ekonomi kan ? Makanya di IPB ada jurusan ini biar petani tuh ga susah lagi. Biar petani juga hidupnya sejahtera setelah mengenyangkan perut kita.

Kenapa di IPB ada jurusan teknologi pangan ? Soalnya supaya hasil-hasil pertanian itu saat didistribusiin ga basi atau hilang rasa enaknya, maka harus ada teknologi yang menjaga keutuhan dan keawetannya. Nah disini anak tekpang bekerja.

Kenapa di IPB ada peternakan dan kedokteran hewan ? Soalnya bagian dari pertanian tu adalah hewan-hewan ternak itu. Seperti yang kita tahu, kalo di sawah masih banyak kan petani yang pake jasa kerbau buat bajak dan pupuk kandang ? Nah disini anak peternakan kerja, buat ngusahain si kerbau tetep bisa kerja. Anak kedokteran hewan yang selalu mantau kesehatan si kerbau biar tetep optimal kerjanya.

Kenapa di IPB ada sains komunikasi ? Soalnya para petani juga butuh penyuluh yang bakal ngasih mereka informasi tentang perkembangan teknologi pertanian itu sendiri. Tentu saja mereka belajar bagaimana menyampaikan informasi itu bisa dengan mudah mereka cerna dan aplikasikan ke kehidupan mereka.

Kenapa di IPB ada Meteorologi dan Geofisika ? Soalnya biar hasil pertanian itu maksimal dan ga rugi gara-gara kekeringan atau kebanjiran, mereka ngasih tahu dulu tentang cuaca dan iklim yang bakal terjadi di tempat mereka.

Kenapa di IPB ada Kimia, Biologi, Biokimia, Fisika, Matematika, Statistika, Ilmu Komputer ? Soalnya kalo kita mau buat bibit unggul, harus dilakukan dulu penelitian-penelitian, rekayasa genetik, atau juga bioteknologi yang dilakukan oleh jurusan-jurusan itu. Ilmu komputer bisa membantu peneliti karena bisa mempermudah perancangan dengan simulasi komputer.

Masih banyak lagi jurusan-jurusan di IPB sebenernya yang sangat berhubungan dengan pertanian. Gw baru sadar juga, pertanian itu sangat luas dan bukan cuma sekedar nyangkul doang. Dengan begini gw sadar, gw ga salah masuk jurusan dan perguruan tinggi karena gw yakin IPB memang memcari dan memberi yang terbaik (itu slogan IPB)

Well i love IPB and it never be changed whatever they say

:D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar